Benarkah Anyang-Anyangan Salah Satu Tanda Hamil?

Seorang wanita yang sedang hamil akan sering sekali buang air kecil disertai rasa sakit. Tapi apakah benar semua anyang-anyangan merupakan tanda kehamilan?

Sayangnya, tidak semua anyang-anyangan adalah tanda kehamilan walaupun sebagian besar ibu hamil mengalaminya. Kondisi ini menjadi salah satu tanda kalau seseorang sedang menderita penyakit tertentu. Penyakit tertentu tersebut seperti bakterialis, endometriosis, klamidia, gonore, sampai infeksi saluran kemih dan penyakit kelamin lainnya.

Lalu mengapa ibu hamil juga bisa mengalami anyang-anyangan? Hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon kehamilan dan ukuran rahim yang berubah.

Tanda kehamilan yang benar bisa anda rasakan seperti di bawah ini:

Tidak menstruasi tanda hamil pertama

Setiap bulan wanita normal akan mengalami menstruasi, sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma membuat darah menstruasi tidak akan keluar seperti biasanya. Namun beberapa wanita juga mengalami jadwal menstruasi yang tidak sesuai maka perlu dites menggunakan test pack untuk memastikan apakah positif hamil atau tidak.

Payudara berubah

Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan ukuran payudara yang menjadi lebih membesar. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Ini pertanda tubuh sedang mempersiapkan diri memproduksi ASI. saat payudara berubah ukuran, ibu akan merasa nyeri dan sakit. 

Nafsu makan melonjak

Mayoritas kehamilan akan membuat sang ibu memiliki nafsu makan yang meningkat namun ada juga yang nafsu makannya juga menurun. Selain itu, indra penciuman juga meningkat jadi lebih tajam dan sensitif.  Sebaiknya saat kondisi ini ibu lebih banyak mengonsumsi vitamin.

Sensitif terhadap bau

Seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami peningkatan indra penciuman dan mulai lebih peka terhadap aroma. Beberapa bebauan dan aroma bisa mengganggu ibu hamil terutama di trimester awal. Bersamaan dengan ini wanita juga mengalami morning sickness yaitu mual, sakit kepala, dan muntah saat hamil.

Mual dan muntah

Meningkatnya hormon Human chorionic Gonadotropin (HCG) secara tiba-tiba membuat seorang wanita mengalami mual saat hamil. Jangan khawatir, mual dan muntah menjadi tanda hamil dengan baik.

Sesak nafas

Di awal kehamilan, beberapa wanita mengalami sesak nafas karena meningkatnya hormon progesteron. Jangan khawatir karena hal ini sebenarnya adalah tanda wajar kehamilan. Namun bila sesak nafas sudah dirasa cukup mengganggu sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya.

Gampang capek dan selalu mengantuk

Beberapa organ vital seperti jantung, ginjal, dan paru-paru mengalami peningkatan kinerja. Ditambah lagi perubahan hormonal pada tubuh membuat ibu menjadi gampang lelah dan sering mengantuk. Karena kinerja organ tidak hanya untuk ibu saja tetapi juga untuk perkembangan janin. Banyakin istirahat ya bu…

Keluar flek tapi tidak banyak

Flek yang keluar bisa menjadi tanda kehamilan, namun bila flek yang keluar banyak maka harus diperiksakan karena kemungkinan besar merupakan tanda keguguran juga. Sebaiknya langsung diperiksakan pada ahlinya untuk memastikan apakah itu flek tanda hamil atau flek keguguran.

Sulit buang air besar (konstipasi)

Ketika hamil, hormon progesteron yang meningkat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih lambat. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil sembelit atau konstipasi. Kurang makan makanan berserat dan tidak berolahraga saat hamil juga bisa mengakibatkan konstipasi.

Itulah tanda-tanda kehamilan pada seorang ibu. Untuk memastikan apakah ibu benar-benar hamil atau tidak, kami menyarankan untuk memeriksakan kandungan pada dokter atau ahlinya. Di Baby Prince Care tersedia dokter berkualitas yang bisa memberikan konsultasi secara akurat pada calon ibu maupun ibu yang memeriksakan kandungannya. Untuk Reservasi silakan hubungi Customer Service baik melalui telepon maupun melalui layanan WhatsApp di +62 813-6314-1981.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *